Archive Pages Design$type=blogging$count=7



Hadapi Perubahan Iklim, Petani Harus Mampu Beradaptasi

RohilTerkini.com, Lingkungan - Tantangan terbesar yang harus dihadapi dalam dunia pertanian adalah terjadinya perubahan iklim. Hal tersebut akan berdampak besar terhadap produksi yang diperoleh.

Untuk itu segala pihak harus mampu beradaptasi dalam menghadapinya.

“Siapapun harus mampu beradaptasi menghadapi perubahan iklim, termasuk petani dan pemerintah,” kata pengamat pertanian, Rokan Hilir (Rohil), Indra Kurniawan Akbar, di Bagan Sinembah.

Seperti yang dilansir dari RohilTerkini,com, dijelaskan apabila perubahan iklim itu berlangsung secara ekstrim, pengaruhnya akan sangat besar pada sektor pertanian. Pasalnya, dengan perubahan iklim ekstrim yang terjadi, dapat berhujung pada kekeringan, banjir hingga longsor.

“Meskipun di Segeri Seribu Kubah ini perubahan iklim memang terjadi, tetapi yang kita rasakan, perubahan itu berlangsung secara gradual,” jelasnya.

Nah, dalam menghadapinya hal tersebut, peranan teknologi harus dikedepankan, dan peranan yang dimaksud itu adalah, peranan teknologi mitigasi hingga teknologi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Pada teknologi mitigasi itu, jelasnya, akan lebih berfungsi untuk mengantisipasi dampak dari perubahan iklim yang terjadi secara luas. Sementara pada teknologi OPT hal itu untuk mengantisipasi serangan hama penyakit supaya dapat dikendalikan.

“Peranan kita sebagai badan penelitian dan pengembangan teknologi pertanianadalah dengan terus menciptakan varietas yang sesuai dengan perubahan iklim. Di samping juga dengan menekankan pengelolaaan kalender tanam terpadu,” terangnya.

Namun sejauh ini, meskipun di tingkat petani penerapan keduanya sudah dilakukan, tetapi masih terlampau sedikit yang melakukannya. Padahal, hasil yang telah diuji dari penerapannya di berbagai daerah seperti contoh di Sumatera Utara (Sumut), sudah berjalan sangat baik.

Hal itu, dikarenakan petani di lapangan juga memiliki lokal sistemnya sendiri. Yang artinya, petani juga memiliki pengetahuan yang diyakininya sesuai dengan identik lokal yang ada di masing-masing tempat petani berdomisili.

“Petani masih konvensional. Tetapi perlahan-lahan akan kita dorong, supaya bisa beradaptasi dengan perubahan iklim yang berlangsung ini,” terangnya. (raheem)
Nama

Bagan Batu Bagan Siapiapi Bagan Sinembah Bagansiapi api Balai Jaya Bangko Bank Riau Kepri Batu Hampar Berita Pekanbaru Berita Pelalawan Berita Riau Berita Rohil BRK DPRD Riau Ekonomi Hukum Kesehatan Kesra Ketenagakerjaan KI Riau Kubu Babussalam Pakaitan Pasir Limau Kapas Piihan Pilhan Pilihan Pilkada Rohil Politik Portal Berita Rohil Pujud Rantau Kopar Rimba Melintang Rohil Simpang Kanan Sinaboi Sosbud Tanah Putih Tanjung Medan
false
ltr
item
Berita Rohil: Hadapi Perubahan Iklim, Petani Harus Mampu Beradaptasi
Hadapi Perubahan Iklim, Petani Harus Mampu Beradaptasi
http://2.bp.blogspot.com/-GlmT2PFW-As/VUdKZ7s4hfI/AAAAAAAAANY/NgPj-esMKoI/s1600/20150504122433-1.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-GlmT2PFW-As/VUdKZ7s4hfI/AAAAAAAAANY/NgPj-esMKoI/s72-c/20150504122433-1.jpg
Berita Rohil
http://www.beritarohil.com/2015/05/hadapi-perubahan-iklim-petani-harus.html
http://www.beritarohil.com/
http://www.beritarohil.com/
http://www.beritarohil.com/2015/05/hadapi-perubahan-iklim-petani-harus.html
true
5524427278707138137
UTF-8
Berita Tida Tersedia LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus By Home PAGES POSTS Lihat Semua BERITA TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock