Archive Pages Design$type=blogging$count=7



Pemkab dan Nelayan Rohil Bentuk Forum Koordinasi Tindak Pidana Perikanan

BERITA ROHIL, BAGANSIAPI API - Pemerintah dan nelayan di Rohil bertekad membentuk Forum Koordinasi Tindak Pidana Perikanan. Pembentukan itu diawali dengan dialog antara nelayan dari organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokwasmas) dengan sejumlah narasumber. 

Kegiatan itu dilaksanakan Selasa (20/10/15) di Aula Hotel Kesuma Lantai 7, menghadirkan narasumber, Ir. Tien Mastina, M.Si, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Sabrani Binzar, SH, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Bagansiapiapi, Dr. Sutarno, SH, MH, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Rokan Hilir di Ujung Tanjung dan AKP Yudi Setawan, SH, MH, Kasat Pol Air Polres, dengan moderator M. Amin, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Rohil, dibuka secara resmi, Asisten I Setda Rohil, Wan Rusli Syarif. 

Dalam dialog, Ketua Pokwasmas, Rohil, Jumadi minta agar Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau agar ada perwakilan di Rohil, karena untuk mengurus izin kapal 5 GT ke atas, nelayan harus ke Pekanbaru, sementara mereka sudah susah juga. 

Di samping itu, Jumadi minta, agar diberi kelonggaran terhadap nelayan yang mau membeli kayu untuk perbaikan kapal, karena kalau tidak diperbaiki, dikhawatirkan akan membahayakan mereka dilaut, sementara mereka ditakutkan dengan tindak pidana illegal logging. "Kami takut beli bahan baku," keluhnya. 

Makmur Hasan, Ketua HNSI Kecamatan Kubu mengatakan, tahun 60-an, Rohil terkenal penghasil ikan, lalu kemana ikan yang banyak itu, sehingga dinilai banyak kesenjangan, dan salah satu yang dianggap penyebabnya, cara penangkapan ikan yang mengambil ikan dari kecil sampai yang besar sehingga ikan menjadi punah. 

Lalu dia mengkiritk Dinas Perikanan dan Kelautan Rohil, tentang adanya bantuan yang tidak tepat sasaran, malah yang dibantu bukan nelayan, melain orang gunung atau masyarakat yang tidak pernah kelaut, dan ini diindikasikanya ada permainan oknum. 

Marzuki, Kabid Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Rohil menilai, perlu sosialisasi kepada nelayan agar mereka sadar dalam mengurus izin. Lalu terkait mulai bergesernya pola pengangkutan hasil laut dari jalur laur kejalur laut, perlu didata berapa potensinya, bisa saja produksi ikan di Rohil tidak menurun, namun tidak terdata lagi keluarnya. 

Marzuki juga menanyakan kepada pihak kejaksaan bagaimana tindak lanjut proses hukum terhadap dua kapal Thailand 20 GT yang saat ini sudah terikat dan dipenuhi lumpur dan mulai menyebabkan turap pelabuhan turun. 

Yusri, Ketua Pokwasmas Palika, meminta bantuan kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau sebuah kapal patroli, untuk membantu mereka dalam mengawasi pantai. Disaat ada penangkapan kapal yang menyalahi aturan ditengah laut oleh nelayan, mereka kesulitan untuk pergi kelaut, padahal tujuannya untuk mengantisipasi penganiayaan terhadap ABK serta menghindari tindakan anarkis membakar kapal seperti yang sudah pernah terjadi. 

M Amin, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Rokan HIlir, dalam kesempatan tersebut sempat menyebut, kalau ada bantuan yang tidak tepat sasaran, mereka hanya merujuk kepada penerima yang mendapatkan rekomendasi dari penghulu setempat. 

Ir. Tien Mastina, M.Si, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, menilai, baik HNSI maupun Pokwasmas, sangat mengetahui kondisi lapangan, menandakan mereka bekerja. 

Tien mengakui, sejak diberlakukannya perizinan kapal 5 GT keatas oleh provinsi berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan, membuat repot seluruh provinsi di Indonesia, bisa-bisa karena kesibukan pihak provinsi, menumpuk 50 pengajuan perizinan. 

Namun demikian, untuk mempermudah nelayan, Tien mengaku ada wacana untuk menempatkan perwakilan di kabupaten/kota, disamping masih menunggu akhir tahun ini pemerintah pusat akan menggodok organisasi yang dibutuhkan daerah, sedangkan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) serndiri sudah mulai menggodok, apa yang menjadi kewenangan kabupaten/kota. 

Terkait adanya keluhan tiang bubu, kalau memang sudah sampai ketengah, Tien menyarankan agar digeser saja dan perlu pengaturan lebih detail. 

Bahkan saat ini, rencana zonasi pulau-pulau kecil, pengaturan pengelolaan perikanan, kabel dibawah laut, pariwisata, tiang bubu, kerang darat sudah mulai disusun. 

Lagi-lagi Dinas Perikanan dan Kelautan Rohil kurang tanggap, dimana saat ini baru Kabupaten Bengkalis, Indragiri HIlir dan Kota Dumai yang membuat, padahal ini bisa dijadikan dasar untuk melakukan tindakan yang permanen dalam penegakan hukum. "Rohil belum,, PR untuk Pak Amin, diangsur-angsur, 2017," katanya mengingatkan.(man/adv)

KOMENTAR

Nama

Bagan Batu Bagan Siapiapi Bagan Sinembah Bagansiapi api Balai Jaya Bangko Bank Riau Kepri Batu Hampar Berita Pekanbaru Berita Pelalawan Berita Riau Berita Rohil BRK DPRD Riau Ekonomi Hukum Kesehatan Kesra Ketenagakerjaan KI Riau Kubu Babussalam Pakaitan Pasir Limau Kapas Piihan Pilhan Pilihan Pilkada Rohil Politik Portal Berita Rohil Pujud Rantau Kopar Rimba Melintang Rohil Simpang Kanan Sinaboi Sosbud Tanah Putih Tanjung Medan
false
ltr
item
Berita Rohil: Pemkab dan Nelayan Rohil Bentuk Forum Koordinasi Tindak Pidana Perikanan
Pemkab dan Nelayan Rohil Bentuk Forum Koordinasi Tindak Pidana Perikanan
http://4.bp.blogspot.com/-OqMSGc494aQ/Viw8KBLu0iI/AAAAAAAADOA/mZM61ypRFaA/s320/HNSI%2BRohil%2B-%2BRohilTerkini.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-OqMSGc494aQ/Viw8KBLu0iI/AAAAAAAADOA/mZM61ypRFaA/s72-c/HNSI%2BRohil%2B-%2BRohilTerkini.jpg
Berita Rohil
http://www.beritarohil.com/2015/10/pemkab-dan-nelayan-rohil-bentuk-forum.html
http://www.beritarohil.com/
http://www.beritarohil.com/
http://www.beritarohil.com/2015/10/pemkab-dan-nelayan-rohil-bentuk-forum.html
true
5524427278707138137
UTF-8
Berita Tida Tersedia LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus By Home PAGES POSTS Lihat Semua BERITA TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock